10 Iklan Layanan Masyarakat Terbaik Soal Rokok

Iklan Layanan Masyarakat Adalah

Menurut Wikipedia Iklan layanan masyarakat (ILM) adalah iklan yang menunjukkan pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap masalah tertentu yang penting bagi masyarakat dan harus mereka hadapi, yakni kondisi yang bisa mengancam ketertiban dan kehidupan umum.

Beda Iklan Layanan Masyarakat dengan Iklan Niaga

Lebih lanjut menurut para pakar periklanan di Amerika Serikat, iklan layanan masyarakat adalah iklan yang memiliki beberapa karakteristik seperti tidak komersil, tidak bersifat keagamaan, tidak politis, berwawasan kebangsaan, serta inklusif untuk semua lapisan masyarakat.

Sehingga iklan seperti ini memiliki arah dan target yang berbeda dibanding iklan pada umumnya. Iklan pada umumnya disebut dengan iklan niaga yang target utamanya adalah motif ekonomi yaitu untuk mendorong penjualan produk tertentu.

Karena target dan isi pesannya, media yang digunakan iklan jenis ini pun beragam, dari koran, televisi, bilboard hingga internet. Begitu pula bahasa yang digunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Maka tidak heran jika kita bisa menemukan iklan layanan masyarakat dalam bahasa daerah seperti dalam bahasa sunda, bahasa jawa atau bahasa lokal lainnya.

Nah, dalam upaya menyadarkan masyarakat isu rokok juga menjadi salah satu lahan dari iklan layanan masyarakat. Karena iklan pengaruhnya sangat kuat, sehingga komunitas kesehatan mencoba mengcounter iklan dari industri rokok melalui iklan layanan masyarakat.

Jika diperhatikan iklan layanan masyarakat soal rokok memiliki pendekatan yang berbeda-beda. Ada iklan yang menekankan aspek informasi dengan menampilkan data-data. Ada juga iklan yang menampilkan kelucuan atau parodi. Sementara itu ada juga iklan yang menekankan pada perasaan dan kesan yang mendalam pada penontonnya. Misalnya dengan menekankan sisi emosional akan bahaya rokok.

Baca juga  Ramadhan Saat Yang Tepat Berhenti Merokok

Iklan Layanan Masyarakat Soal Rokok di Berbagai Negara

Berdasarkan penelitian dan pengalaman di berbagai negara, iklan layanan masyarakat soal rokok yang efektif adalah yang bisa menggambarkan akibat dan bahaya dari penggunaan rokok. Istilahnya iklan yang bisa memberikan kesadaran bahwa penggunaan barang ini sangat berbahaya.

Sehingga tidak heran jika iklan layanan masyarakat soal rokok, sebagian besar berfokus pada tema-tema yang membangkitkan kewaspadaan soal rokok. Dengan kata lain, sebagian besar iklan rokok itu memang didesain untuk menampilkan betapa seram dan menakutkannya akibat dari merokok.


Berikut ini kami kumpulkan 10 iklan layanan masyarakat terbaik yang terkait dengan bahaya rokok yang ada di berbagai negara. Meskipun daftarnya tidak lengkap tapi cukup mewakili bagaimana rokok digambarkan di media.

1. Smoking Kid (Thailand)

Iklan diatas judulnya ‘Smoking Kid’ diproduksi oleh Thai Health Foundation di Thailand. Ini adalah lembaga khusus yang dibentuk pemerintah Thailand untuk mengelola dana promosi kesehatan termasuk dari cukai rokok.

Iklan ini viral sekali dan dianggap sebagai salah satu iklan terbaik soal rokok. Adegannya sangat sederhana yaitu dengan menampilkan anak-anak yang meminta rokok kepada orang dewasa.

Sebagian besar perokok sekalipun tidak rela melihat anak-anak merokok mengingat bahaya yang bisa ditimbulkannya. Iklan ini ingin menunjukkan bahwa perokok sendiri sadar bahwa perilaku ini tidak baik namun sulit untuk menghentikannya.

2. Little Boy (Australia)

Video ini adalah iklan dari Quit.org.au untuk mendorong para perokok segera berhenti di Australia. Iklan layanan masyarakat ini anglenya menarik yaitu dengan mengaitkan bahaya rokok dengan peran kita sebagai orang tua.

Dalam adegan iklan tersebut ditunjukkan bagaimana seorang anak kecil yang kehilangan orang tua nya di keramaian stasiun kereta. Ia langsung menangis karena kehilangan orang tua di keramaian.

Saat anda merokok maka anda juga melakukan hal yang sama karena merokok berisiko kematian di usia muda bagi para pelakunya. Dengan merokok maka Anda memperbesar risiko untuk meninggalkan anak anda yang masih kecil untuk selamanya.

Menarik bukan pesan dari iklan ini?

3. Tak Nak Merokok (Malaysia)

Ini adalah salah satu iklan dari seri kampanye ‘Tak Nak Merokok’ di Malaysia. Seri iklan ini memberikan pesan yang begitu kuat mengapa jangan pernah memulai merokok juga pentingnya segera berhenti merokok bagi para perokok berat.

Adegannya bisa membuat hati kita tersayat-sayat. Dari mulai seorang bapak yang mengecewakan istri dan anaknya yang masih dikandung, ibu yang mengecewakan anaknya yang masih kecil, hingga anak yang mengecewakan ibunya.

Semua tahu kebiasaan merokok itu jelek, namun banyak orang yang khilaf dengan sengaja atau tidak sengaja tetap terjebak dalam perilaku ini. Kalau anda mau lihat dahsyatnya akibat rokok coba tonton langsung saja iklannya di atas!!!

4. Father’s Quit Journey (Singapore)

Video ini mungkin tidak seperti iklan layanan masyarakat biasanya karena ditampilkan dalam sebuah fragmen berdurasi 3,5 menit. Karena durasinya lebih panjang dari pada iklan biasa yang durasinya sekitar 1 menit. Namun masih tetap relevan disebut salah satu iklan terbaik soal rokok.

Produsen iklan ini adalah Health Promotion Board dari negeri jiran Singapura. Cerita yang ditampilkan adalah perjalanan seorang bapak yang  berjuang berhenti merokok untuk kesehatan diri dan anak perempuannya.

Silahkan ditonton terutama bagi anda yang butuh motivasi lebih untuk berhenti merokok.

5. Smoking Doing Bad : Tar (Australia)

Video diatas diproduksi oleh Victoria Health dari Asutralia. Ini adalah seri iklan layanan masyarakat soal rokok dengan menunjukkan berbagai konsekuensi kesehatan dari merokok. Ada beberapa seri yang pengemasannya sangat menarik. Terutama dalam memberikan ilustrasi bagaimana merokok merusak kesehatan kita.

Nah dalam seri ini ia menunjukkan bagaimana tar yang juga dapat ditemukan dalam aspal mengotori dan merusak paru-paru. Mau tahu lebih lanjut kan? Langsung saja lihat iklannya. Kami juga tambahkan video lain dari seri video ini di bawah.

6. Tips from Former Smokers (Amerika Serikat)

Video ini diproduski Center for Disease Control (CDC) yaitu sayap kesehatan masyarakat pemerintah Amerika Serikat. Lembaga ini berfokus pada pengendalian penyakit menular yang saat ini juga berkembang ke berbagai penyakit lain.

Nah dalam seri iklan ini CDC menunjukkan testimoni dari para mantan perokok atau lebih tepatnya para korban rokok atas apa yang mereka alami. Dalam video ini ditampilkan kisah Sharon, seorang mantan perokok yang harus mengalami penderitaan karena kanker pita suara. Pita suaranya harus diangkat, lehernya dibolongin, selain kehilangan suara ia juga harus mengalami penderitaan lain.

Silahkan tonton sendiri deh, anda tahu apa yang perlu dilakukan setelah itu.

7. Secondhand Smokers (Malaysia)

Nah video ini diproduksi oleh Medical Practitioners Coalition Association of Malaysia (MPCAM), yaitu koalisi para praktisi kesehatan di negeri tersebut. Video ini menunjukkan bahwa perokok pasif atau perokok kedua ini bisa memiliki risiko lebih tinggi karena asap rokok orang lain.

Video ini menunjukkan bahwa saat anda merokok maka orang disekitar anda, termasuk anak anda, merokok 3 kali lebih banyak dan memiliki risiko lebih besar. Jika anda tahu soal ini masih tegakah merokok di depan orang lain? Apalagi di depan si buah hati?

8. Mahal Sakit (Filipina)

Nah ini iklan anti rokok dari Filipina. Pendekatannya agak beda karena ada unsur lucunya. Namun yang menarik dari iklan ini adalah memotret percakapan sebenarnya yang terjadi saat perokok membeli rokok. Jika mereka jujur dan tahu konsekuensi dari perilaku ini maka percakapan inilah yang sebenarnya terjadi.

Sadarkah anda bahwa saat anda membeli rokok, sebetulnya anda sedang berinvestasi penyakit? Tonton deh video ini, dan anda akan sadar perniagaan seperti apa yang dilakukan saat membeli rokok.

9. AAJ Tak (India)

Memang gaya sinematografi India penuh jenaka, absurd dan kritis pada saat yang sama. Iklan ini memotret apa yang dilakukan perokok saat merokok di hadapan orang lain. Ia laksana memaksa orang lain untuk bersama menemaninya menemaninya menghirup asap racun dari rokok.

Anda tahu bagaimana perasaan orang lain jika dipaksa merokok? Ya kurang lebih seperti orang yang dipaksa makan pisang goreng dan panas nan pedas seperti di video ini. Cek sendiri ya….

10. Pak Manat (Indonesia)

Nah ini video terakhir yang kami tampilkan dalam posting ini, video dari tanah air. Ini video yang diproduksi oleh Kementerian Kesehatan yang didukung oleh Vital Strategis. Iklan ini sebetulnya salah satu serial iklan layanan masyarakat pertama yang dibuat oleh kementerian kesehatan yang mendapatkan respon cukup positif dari komunitas kesehatan di tanah air.

Jika anda ingin tahu apa perasaan dan pesan penting yang ingin disampaikan para korban rokok di Indonesia, maka video ini sangat mewakili. Pengalaman pak Manat semestinya membuat kita berpikir berpuluh bahkan beribu kali untuk merokok. Karena jika sudah mencandu, sulit sekali berhenti sebelum semuanya terlambat. Cek langsung videonya ya…


That is All

Demikianlah 10 iklan layanan masyarakat soal rokok yang kami himpun. Seperti disampaikan di awal daftar ini mungkin tidak lengkap karena masih banyak iklan layanan masyarakat soal rokok yang juga bagus dan efektif mempengaruhi para pemirsanya. Mungkin akan kami tampilkan dalam postingan lain.

Jika anda masih belum yakin bahaya merokok, dan perlu memperkuat niat serta motivasi untuk berhenti merokok silahkan coba 10 iklan diatas. Selamat merenung dan semoga lebih mudah berhenti merokok ya….

Comments

comments

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.