10 Kandungan Rokok Yang Paling Beracun

Rokok, cerutu dan rokok pipa terbuat dari daun tembakau yang sudah dikeringkan. Kemudian untuk menambah sensasi serta rasa ditambahkan juga kandungan lain ke dalam rokok.

Sehingga gabungan antara tembakau yang dibakar dengan zat kimia lain membuat berbagai reaksi berantai. Menurut penelitian ada lebih dari 7000 zat kimia dalam rokok yang 70 diantaranya adalah zat karsinogenik atau menyebabkan kanker.

Kandungan Rokok yang Paling Beracun

Nah, dalam artikel ini kami ingin mengupas 10 zat saja yang ada dalam kandungan rokok yang paling beracun. Silahkan dicek daftarrnya dibawah ini:

1. Kromium

Kromium adalah bahan dasar untuk mencampur metal, pewarna, cat serta pengawet kayu. Namun zat ini diketahui bisa menyebabkan kanker paru jika dihisap tubuh. Bahaya lain dari Kromium adalah ia juga bisa membuat zat karsinogen lain untuk menempel ke DNA dan merusaknya.

2. Tar

Tar adalah campuran berbagai zat kimia hasil dari pembakaran rokok. Warnanya hitam pekat. Di tempat lain tar juga sama dengan ter yang ada di pelapis jalan alias aspal. Tar juga biasa digunakan untuk mengawetkan kayu.

Dalam rokok meskipun ia dihembuskan keluar, namun sebagian besarnya dihirup oleh tubuh. Di dalam paru, tar membunuh bulu-bulu pengaman dalam paru, yang disebut silia, yang berfungsi untuk membersihkan mukus yang mengandung racun dan infeksi dari paru dan jalan udara.

Bahaya tar adalah menyebabkan kanker, terutama kanker paru dan kanker tenggorokan.

Tar Kandungan Rokok yang Beracun

3. Amonia

Ammonia banyak digunakan untuk pembersih kamar mandi, lantai dan jendela. Ia juga digunakan untuk pembuatan pupuk dan peledak.

Dalam rokok amonia berfungsi membantu penyerapan nikotin dengan mengubahnya menjadi gas serta memasukkannya ke aliran darah.

Seperti Tar, amonia juga merusak silia dalam paru yang berfungsi membersihkannya dari infeksi dan kotoran.

4. Karbon Monoksida

Karbon monoksida adalah zat kimia yang tidak berbau dan tidak berwarna yang terbentuk dari pembakaran karbon. 3-5% kandungan asap rokok adalah karbon monoksida. Dalam kehidupan sehari-hari karbon monoksida juga bisa ditemukan dalam peralatan rumah seperti pemanas dan AC.

Bahaya dari karbon monoksida adalah saat dihirup maka ia akan mengikat sel darah merah dalam tubuh. Karbon monoksida akan mengurangi kadar oksigen dalam darah yang penting bagi organ tubuh kita. Akibatnya sirkulasi oksigen berkurang dan bisa merusak organ tubuh.

Skenario paling buruk ia akan menghambat aliran darah dan menyebabkan sakit seperti penyakit gangren yang bisa menyebabkan anggota tubuh harus diamputasi.

5. Hidrogen Sianida

Hidrogen sianida biasanya digunakan dalam pembasmi hama industri. Seperti karbon monoksida dan amonia, zat ini juga bisa merusak silia di dalam paru.

Hidrogen sianida memang tidak langsung menyebabkan kanker, namun ia membantu zat lain yang menyebabkan kanker untuk masuk ke dalam tubuh. Rusaknya silia membuat pertahanan paru menjadi lemah dan rentan zat penyebab kanker yang masuk.

6. Arsenik

Anda tahu kisah pembela HAM, Munir yang dibunuh dengan racun arsenik? Dalam jumlah banyak arsenik memang bisa langsung membunuh. Arsenik diketahui memang zat penyebab kanker. Di tempat lain ia digunakan sebagai pengawet dan pembuat pestisida.

Nah saat merokok, arsenik ini akan dihisap dan berakumulasi dalam tubuh perokok. Lama-kelamaan aresnik akan membuat kerusakan dalam tubuhnya dengan menyebabkan kanker dan kerusakan pada pembuluh darah dan jantung. Arsenik juga bisa menghambat kemampuan tubuh untuk memperbaiki DNA yang sangat penting untuk tubuh yang lebih sehat.

7. Kadmium

Kadmium biasa digunakan dalam pembuatan batu batre. Kadmium masuk ke dalam tubuh dari asap rokok. Kandungan kadmium dalam tubuh perokok bisa 2 kali lipat dari non perokok.

Akumulasi kadmium dalam tubuh perokok akan berakibat kanker serta merusak ginjal dan pembuluh darah arteri. Ia juga merusak kemampuan tubuh memulihkan diri.

8. Formaldehid

Formaldehida zat kimia yang berbau berguna untuk membunuh mikroba dan bakteria. Formaldehida biasanya digunakan untuk mengawetkan tubuh, banyak digunakan di rumah jenazah atau laboratorium forensik. Ia juga banyak digunakan di lab kimia dan pabrik cat.

Area dimana ada perokok biasanya kandungan formaldehid nya bisa 3 kali lipat dari kandungan normal. Formaldehid bisa menyebabkan iritasi pada mata menyebabkan batuk bagi para perokok dan orang-orang di sekitarnya.

9. Benzene

Benzene adalah zat petro kimia yang biasanya didapatkan dari minyak mentah (crude oil). Benzene biasanya digunakan dalam pembuatan gasolin atau pestisida. Di industri perminyakan ia digunakan juga untuk melarutkan.

Benzene adalah zat penyebab kanker terutama kanker darah (leukemia). lebih dari setengah paparan benzene yang dihirup manusia berasal dari rokok. Perokok biasanya menghisap benzene 10 kali lebih banyak dari non perokok. Selain itu, Benzene juga bisa menyebabkan anemia, kerusakan genetik dan pendarahan.

10. Polonium-210

Polonium 210 element radioaktid yang dihasilkan oleh polonium. Saat merokok polonium-210 terbentuk karena proses radiasi alpa. Dalam kasus lain, polonium-210 bisa juga dipaparkan karena proses X ray ke tubuh manusia.

Perokok terkspos radiasi semacam ini jauh lebih banyak dibanding non perokok. Menurut satu penelitian menghisap 20 batang rokok per hari sama dengan mengalami 30o kali X ray per tahun. Proses radiasi alfa ini bisa memutasi DNA sel dan berakibat sel mati atau menjadi kanker.


Demikianlah beberapa zat yang paling beracun dalam kandungan rokok. Saat anda merokok beberapa zat diatas dihirup ke dalam tubuh dan bisa memperbesar terjadinya banyak risiko kesehatan seperti berbagai macam kanker. Memang mungkin membutuhkan waktu, namun dengan sifat rokok yang merupakan zat adiktif, maka proses penumpukan racun ini akan berjalan bertahun-tahun hingga membuat tubuh anda sakut.

Setelah mengetahui berbagai risiko teresbut, masihkah anda berpikir untuk mulai merokok? Ataukah yang sudah merokok sekarang anda memikirkan untuk berhenti?

Comments

comments

Baca juga  Penting, 4 Cara Berhenti Merokok bagi Para Perokok Berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.