6 Pilihan Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok dan Ibu Hamil

Poin dalam artikel ini

  • Cold Turkey (berhenti sekaligus)
  • Berhenti secara bertahap
  • Nicotine Replacement
  • Bupropion (zyban)
  • Konseling
  • Hipnosis dan akupuntur

Kehamilan akan mempermudah upaya berhenti merokok, namun metode yang dipilih perlu ambil dipertimbangkan lebih jauh. Jika sedang hamil, maka anda harus pertimbangkan efek samping dan pengaruhnya terhadap janin.

Ada banyak pilihan untuk berhenti merokok dari mulai yang klasik yaitu berhenti secara langsung, memakai obat untuk membantu berhenti, konseling atau melalui terapi akupuntur atauhipnosis.

Setiap orang berbeda pengalaman, dan pilihan yang paling baik akan bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya. Anda juga bisa mengkombinasikan berbagai metode itu untuk hasil yang lebih baik.

Berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa anda pertimbangkan:

  1. Cold turkey (Berhenti Secara Sekaligus)

Cara kerjanya: Anda berhenti merokok langsung dan bertekad tidak merokok lagi selamanya.

Keamanan: Anda mungkin akan merasa lemas dan tidak enak selama berminggu-minggu. Namun ini sebanding karena tentunya anda tidak ingin membahayakan diri anda atau bayi anda kan? Lebih baik stress karena berhenti merokok daripada sakit karena merokok lagi bukan? Karena stress karena berhenti merokok tidak berbahaya bagi janin.

Tingkat keberhasilan: Secara umum, hanya satu dari 20 orang (5%) yang berhasil berhenti merokok langsung tanpa ada bantuan dari metode lain. Namun kehamilan bisa jadi membuat anda lebih termotivasi menjalani metode ini untuk berhenti merokok. Anda juga bisa memperbesar peluang kesuksesan dengan mengkombinasikan metode ini dengan metode lain dibawah ini.

Kelebihan: Metode cold turkey (berhenti secara langsung) adalah tidak mahal dan aman. Bahkan jika anda melakukannya sendirian, anda sama sekali tidak butuh bantuan dokter atau resep apapun. Yang jauh lebih penting lagi, anda bisa menghindarkan bayi anda dari paparan karbon monoksida, nikotin dan zat berbahaya lain yang berasal dari rokok secara cepat.

Kekurangan: Jika anda seorang perokok berat, anda bisa mengalami penderitaan dari proses putus nikotine (nicotine withdrawal) untuk beberapa minggu setelah berhenti merokok secara langsung. Biasanya gejala dari putus nikotin diantaranya adalah jadi mudah marah, depresi, cemas, susah konsentrasi dan mudah capek atau males bergerak. Di minggu-minggu awal, anda juga akan merasakan rasa ketagihan yang berat untuk kembali merokok.

Biaya : Gratis

  1. Berhenti Secara Berkala (Bertahap)

Cara Keja: Anda secara bertahap mengurangi konsumsi rokok sedikit demi sedikit hingga titik nol.

Keamanan: Metode ini juga aman sepenuhnya jika anda melakukannya dengan cukup cepat. Selama anda bisa berhenti total merokok paling lambat di minggu 14 dari kehamilan anda, para dokter mengatakan bahwa bayi anda akan aman. Namun jika anda masih merokok setelah minggu ke 14 dari kehamilan anda, bahkan jika hanya merokok satu atau dua batang sekalipun, maka bayi anda bisa mengalami stunting (berat dan tinggi kurang) dan bisa mengalami berbagai komplikasi kesehatan.

Tingkat keberhasilan: Secara umum, berhenti secara bertahap itu lebih efektif daripada berhenti langsung. Maksudnya lebih banyak orang yang sanggup berhenti bertahap daripada berhenti secara langsung. Lebih baik mengurangi secara sedikit demi sedikit daripada tidak sama sekali. Cara ini juga lebih efektif jika anda perokok berat yang merokok satu bungkus atau lebih dalam sehari.

Kelebihan: Berhenti merokok secara bertahap bisa membantu mengurangi gejala putus nikotin, terutama bagi perokok berat. Tubuh anda punya peluang untuk menyesuaikan dengan berkurangnya asupan nikotin dalam darah.

Kekurangan: Jumlah batang rokok yang terakhir adalah yang paling sulit untuk ditanggalkan. Sehingga selalu saja ada risiko anda menunda terus berhenti dari batang-batang rokok terakhir dan ini bisa membahayakan diri dan bayi anda.

Biaya: Gratis

  1. Pengganti Nikotin (Nicotine replacement)

Cara kerja: Nikotin adalah zat adiktif dalam rokok. Koyo nikotin, permen karet adan spray nikotin bisa membantu mengatasi putus nikotin saat anda berhenti.

Keamanan: Tidak ada yang tahu bagaimana nikotin mempengaruhi pertumbuhan janin atau sejauh mana ia berkontribusi pada komplikasi kehamilan seperti berat badan rendah, bayi premature dan gangguan lain. Namun karena nikotin hanyalah salah satu dari sekian banyak zat berbahaya yang ada di dalam rokok, maka metode ini lebih aman bagi anda dan janin daripada anda terus lanjut merokok. Meskipun begitu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalankan metode ini. Berdasarkan pendapat ahli permen dan spray dianggap lebih aman daripada koyo nikotin karena kandungan nikotinnya lebih rendah. Namun koyo nikotin juga bisa dipilih jika anda merasakan gangguan dari metode lain, misalnya karena mual atau gangguan lain.

Tingkat keberhasilan: Nicotine replacement bisa memperbesar tingkat keberhasilan upaya berhenti merokok hingga 5%-10%.

Kelebihan: Nicotine replacement bisa membantu anda melawan putus nikotin (melawan gejala nicotine withdrawal). Perawatan ini sangat membantu terutama bagi para perokok berat yang kesulitan untuk berhenti sekaligus.

Kekurangan: Ada potensi gangguan atau efek samping bagi janin jika anda menggunakan treatment secara berlebihan. Sebaiknya berkonsultasi kepada dokter atau tenaga kesehatan terlebih dahulu.

Biaya: Biayanya cukup mahal sekitar $120 -$140 untuk persediaan permen ( Rp 2-3 juta), $70-$100 untuk persediaan koyo (Rp 1-2 juta), atau $160 untuk persediaan nasal spray (Rp 3 juta) untuk persediaan dalam satu bulan.

Catatan: metode ini belum terlalu umum di Negara berkembang. Perkiraan harga diatas masih dalam konteks Amerika Serikat.

  1. Bupropion (Zyban)

Cara Kerja: Pengobatan ini awalnya dipasarkan sebagai antidepresan dengan merek Wellbutrin. Para dokter menyebut bahwa pasien yang mengkonsumsi obat ini bisa terbantu dalam upaya berhenti merokok. Meskipun para peneliti kesehatan belum sepenuhnya yakin apakah obat ini bisa membantu upaya berhenti merokok.

Keamanan: Secara umum Bupropion aman, namun belum ada penelitian yang secara spesifik mengkaji efeknya terhadap ibu hamil. Dosis yang terlalu besar bisa menyebabkan kejang (meski belum ada laporan hal ini terjadi pada ibu hamil yang mengkonsumsinya untuk berhenti merokok). Obat ini tidak aman bagi perempuan yang berisiko tinggi mengalami kejang, termasuk yang mengalami preeclampsia atau memiliki riwayat preeclampsia. Bupropion bisa dialirkan melalui susu ibu, sehingga metode ini tidak dianjurkan bagi ibu menyusui.

Tingkat keberhasilan: Bupropion bisa membantu kesuksesan berhenti merokok hingga 5-10%.

Kelebihan: Bupropion tidak mengandung nikotin dan mudah untuk dikonsumsi. Kelebihan lain, perokok yang berhenti dengan bantuan bupropion cenderung tidak mengalami perubahan berat badan dibanding metode lain.

Kekurangan: efek samping yang sudah diketahui dari obat ini adalah insomnia, mulut kering, dan mual. Efek samping lain yang belum diketahui adalah pengaruhnya terhadap perkembangan janin.

Biaya: sekitar $130 untuk satu persediaan pil selama satu bulan (Rp 2 juta).

  1. Konseling

Cara kerja: Metode ini dilakukan dengan motivasi dari dokter, telepon melalui quitline, bergabung dengan kelompok berhenti merokok, atau menjalani sesi wawancara dengan ahli berhenti merokok. Konseling bisa membantu anda focus dan tetap termotivasi untuk berhenti merokok.

Keamanan: Aman tidak ada risiko apapun.

Tingkat keberhasilan: Anda memiliki ahli yang membantu anda secara langsung, sehingga konseling berhenti merokok meningkatkan peluang keberhasilan hingga 5-10%. Metode ini bisa dikombinasikan dengan perawatan seperti diatas yaitu nicotine replacement atau bupropion.

Kelebihan: Konseling secara langsung menguatkan pikiran dan perilaku yang menentukan keberhasilan atau kegagalan upaya berhenti merokok. Kelebihan lain adalah karena anda memiliki teman ngobrol yang efeknya bisa mengurangi stress, terlepas apapun kebiasaan merokok anda saat ini.

Kekurangan: Minim bahkan tidak ada kekurangan sama sekali. Karena jika satu forum konseling anda gagal, anda bisa mencoba forum lainnya.

Biaya: Quit line biasanya gratis. Untuk di Indonesia anda bisa hubungi nomor klinik berhenti merokok atau quitline dari kemenkes RI. Untuk konsultasi di klinik akan tergantung biaya yang diterapkan bisa gratis atau pendaftaran administrasi. Untuk konsultasi ke layanan konseling privat dan biasanya biayanya lebih mahal.

  1. Hipnosis atau akupuntur

Cara kerja: Praktisi dan mantan perokok menyatakan bahwa hipnosis bisa membantu mengatasi ketagihan nikotin.

Keamanan: Aman.

Tingkat keberhasilan: Tidak ada studi yang meneliti pendekatan ini secara mendalam. Namun, pendekatan hipnosis dan akupuntur sangat luas dilakukan dan diterapkan.

Kelebihan: Bebas obat dan aman.

Kekurangan: Metode ini belum terbukti efektif.

Biaya: bervariasi, dari gratis hingga berbayar. Namun lebih murah dibanding layanan dan metode lain yang berbayar. Harga biasanya ditentukan per sesi atau per pertemuan.

Selain berbagai metode diatas, ada juga yang menganjurkan berhenti merokok dengan beralih ke rokok elektrik. Meskipun begitu metode ini belum teruji dan bahkan dianggap sama berbahayanya dengan merokok biasa. Karena masih ada efek samping dari vapor atau rokok elektrik. Sehingga metode ini tidak dianjurkan dan bukan pilihan yang baik.

Demikianlah beberapa pilihan metode berhenti merokok yang bisa anda pilih. Jika tekad untuk berhenti sudah sangat kuat, banyak perokok yang sanggup berhenti secara langsung dengan menggunakan metode Cold Turkey.

Pada dasarnya setiap orang akan berbeda pilihan dan mana pilihlah metode yang paling nyaman dan membuat anda yakin bisa secepatnya berhenti merokok. Karena soal merokok semakin cepat anda berhenti, maka semakin baik.

Comments

comments

Baca juga  Dua Hal Yang Wajib Ditanamkan Pada Anak Agar Tidak Merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.