Bahaya Merokok Terhadap Kesuburan

limp_cigarette

Setiap orang pasti menginginkan memiliki keturunan yang sehat dan sempurna, sehingga terkadang terdapat beberapa orang yang harus melakukan program kehamilan guna mendapatkan keturunan. Tapi taukah kamu ternyata kebiasaan merokok memiliki pengaruh yang besar terhadap kesuburan baik itu bagi pria maupun wanita. Yuk simak penjelasannya, apa saja sih dampak rokok pada kesuburan di bawah ini:

  1. Mengurangi Kecepatan Gerak Sperma pada Pria

Nikotin yang masuk kedalam tubuh akan membuat tubuh bereaksi dengan memproduksi kotinin, yaitu zat yang berfungsi untuk mengurai nikotin. Kandungan kotinin dapat mengurangi kemampuan berenang sperma hingga 13%. Selain mengurangi kecepatan berenang, kotinin juga bisa membuat sperma mudah mati. Kabar buruknya kandungan kotinin ditemukan lebih banyak pada sperma perokok.



  1. Asap Rokok Memicu Mutasi Genetik Pada Sperma

Asap rokok yang terhirup masuk kedalam tubuh akan memicu terbentuknya radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini akan merusak sel sperma dan dapat memicu perubahan DNA dari sel sperma. Sel sperma yang telah bermutasi memiliki sifat infertilitas, sehingga jika ia membuahi sel telur tetap tidak akan terjadi kehamilan. Selain itu sperma yang telah bermutasi ini sekalipun mampu untuk membuahi sel telur dapat meningkatkan potensi cacat tubuh bagi janin yang dikandung.

 

  1. Menurunkan Kesuburan Pria

Kandungan zat kimia berbahaya dalam rokok dapat mempengaruhi produksi sel sperma dalam tubuh baik secara kuantitas maupun kualitas. Merokok terbukti menurunkan jumlah sperma yang diproduksi dan menurunkan kualitas sperma hingga 42%. Bahkan lebih buruknya lagi, merokok dapat menyebabkan impotensi bagi pria. Penyebabnya zat kimia berbahaya yang masuk kedalam pembuluh darah menyebabkan kerusakan dan menghambat aliran darah.

 

  1. Meningkatkan Resiko Infertilitas
Baca juga  Faktor Pendorong Seseorang Merokok

Infertilitas yaitu ketidakmampuan menghasilkan keturunan atau bahasa lainnya mandul. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan perokok menyumbang tingkat infertilitas sebesar 15-20 %, bahkan wanita perokok memiliki resiko mengalami kemandulan 60% lebih besar dibandingkan mereka yang tidak merokok. Penyebab infertilitas pada wanita karena rokok merusak sel telur.

 

  1. Meningkatkan Keguguran & Kehamilan Ektopik pada Wanita

Selain merusak sel telur, kandungan zat kimia pada rokok dapat menyebabkan terjadinya keguguran pada wanita hamil dan juga kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik yaitu kehamilan di luar kandungan/rahim, kehamilan ektopik sangat berbahaya bagi nyawa si ibu dan sudah pasti janin akan sulit untuk dipertahankan.

 

  1. Infertilisasi Permanen bagi Wanita

Rokok berpotensi menyebabkan kanker serviks pada wanita. Zat kimia berbahaya pada rokok dapat mencapai leher rahim, menyebabkan kerusakan dan memicu terjadinya kanker. Jika sudah demikian, pengobatan yang dapat dilakukan yaitu mengangkat rahim dan juga sel telur sehingga menyebabkan kemandulan atau infertilisasi permanen bagi wanita.

 

  1. Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Nikotin memiliki efek untuk mengganggu pematangan sel telur, ovulasi atau masa subur bagi wanita, dan mengubah kelenjar serviks yang dapat membunuh sel sperma. Selain itu, diketahui wanita perokok aktif mengalami masa menopause dua sampai empat tahun lebih cepat dibandingkan wanita non-perokok.

Dengan fakta-fakta yang menakutkan seperti diatas, masih berani merokok?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.