Berhenti Merokok Saat Hamil: Bagaimana Mengatasi Ketagihan

Artikel ini akan membahas
– penyebab kecanduan rokok
– berapa lama kecanduan merokok
– bagaimana melawan kecanduan merokok

Jika anda perokok dan sedang hamil maka pilihan terbaik bagi anda dan janin adalah berusaha sekuat mungkin untuk berhenti merokok. Hal ini memang tidak mudah, apalagi jika anda sudah kecanduan merokok.

Saat anda berusaha berhenti merokok maka anda akan mengalami craving (proses ketagihan). Pada awalnya akan sangat berat dan memaksa anda untuk terus kembali merokok, namun semakin anda berusaha untuk berhenti maka anda akan semakin mudah mengendalikan perasaan ketagihan itu. Pada akhirnya anda akan bisa berhenti secara total.

Penyebab kecanduan sakaw nikotin?

Ini yang bisa anda lakukan, jika anda melihat sebatang rokok maka bayangkanlah ia sama dengan 20 jarum suntik yang penuh dengan zat adiktif. Sekali anda menghisap rokok maka nikotin akan sampai ke otak anda lebih cepat dari obat apapun yang disuntikkan ke dalam tubuh. Saat nikotin sampai ke otak ia akan merangsang pusat kenikmatan di otak, bagian yang sama saat anda melakukan seks atau minuman segar dingin di siang bolong yang panas. Perasaan inilah yang akan membuat anda ingin merokok lagi dan lagi.

Nah rasa ketagihan ini akan kembali saat kadar nikotin berkurang dari otak anda. Berkurangnya nikotin memunculkan rasa anda ingin merokok lagi. Bahkan tidak hanya itu, jika anda mencium bau rokok atau berkunjung ke tempat dimana anda pernah merokok akan mendorong anda untuk kembali merokok. Misalnya jika anda biasa merokok saat membaca Koran atau saat ke kamar mandi, maka setiap kali anda melihat Koran atau ke kamar mandi perasaan ingin merokok akan kembali muncul. Mungkin di saat awal anda tidak akan merasa sadar, tapi lama kelamaan anda akan terus merasa ketagihan.

Pada kasus lain ketagihan merokok juga terkait dengan stress. Misalnya ada soerang perokok yang tidak begitu mencandu namun memiliki kebiasaan merokok jika sedang galau atau sedih. Kehamilan pertama biasanya membuat seseorang juga ragu dan galau. Maka tidak heran, banyak perokok yang saat ia tahu hamil sekalipun sulit untuk berhenti karena perasaan cemas ini.

Berapa lama anda akan sakau dari rokok?

Sakau rokok itu memang berat, namun berita baiknya, sakau nikotin juga cepat berlalu. Carol Orleans dari Robert Wood Johnson Foundation menyatakan bahwa rasa nagih dari rokok itu bisa berlalu dalam 3 hingga 5 menit saja terlepas anda mengikuti hasrat untuk merokok atau menahannya. JIka fase ketagihan ini bisa dilewati sebetulnya anda tidak akan merasa butuh lagi merokok. Nah, supaya anda sukses berhenti merokok, maka anda harus siap untuk bisa menahan sakau nikotin ini, yaitu cukup dengan menahan untuk tidak merokok selama 5 menit saat anda sedang sakau nikotin.

Rasa nagih ini biasanya sangat berat dan intense pada tiga hingga 5 hari saat anda pertama kali berhenti merokok. Kondisi yang berat akan juga dialami dalam beberapa minggu setelah itu, namun jika anda mampu melewatinya, maka otak anda akan mulai bisa menyesuaikan diri terbebas dari nikotin. Namun anda belum sepenuhnya aman dalam fase ini, karena pemicu merokok bisa membuat anda kembali menghisap rokok. Pemicu itu bisa jadi karena anda menghirup bau, melihat atau merasakan emosi saat anda menikmati rokok.

Kebanyakan perokok yang mencoba berhenti akan merasakan kecanduan paling tidak dalam setahun setelah ia benar-benar berhenti. Namun jika anda sudah bisa melewati berhari-hari bebas dari rokok maka anda akan menganggap diri anda bukan perokok, dan saat itu hanya bau atau stress ringan tidak akan cukup membuat anda berpikir untuk kembali merokok.

Bagaimana mengalahkan ketagihan?

Cara pertama mengalahkan ketagihan rokok adalah dengan mengetahui gejala-gejala dari ketagihan itu sendiri. Jika anda tahu maka anda bisa bersiap untuk menahannya sekuat tenaga.

Namun tentu mengenali ketagihan adalah langkah pertama dan anda harus bersiap melakukan aksi selanjutnya. Misalnya yaitu mengalihkan perhatian anda minimal saat 5 menit anda mengalami ketagihan itu. Ini bisa menjadi pembeda sukses atau gagalnya upaya berhenti merokok yang anda lakukan. Anda mungkin tidak bisa berpikir jernih saat anda sakau, sehingga anda harus merencanakannya sebelumnya.

Cara anda menghindari banyak sekali dari mulai meminum segelas air, main teka-teki, bernapas yang dalam, ngobrol dengan mantan perokok, menghisap permen atau permen karet atau sekedar berjalan keluar rumah. Saat anda dalam proses ini, hindari lingkungan yang bisa mendorong anda kembali merokok. Jika ada orang yang merokok di dekat anda, hindari secepatnya sebelum anda kalah mennyerah dan kembali merokok lagi.

Apa yang harus dilakukan jika saya gagal menahan ketagihan rokok?

Jika anda sulit untuk menahan ketagihan yang begitu kuat bahkan jika hanya untuk 5 menit sekalipun, maka sebaiknya anda konsultasi ke dokter atau klinik berhenti merokok. Pilihan terakhir mungkin anda bisa menggunakan nicotin patch atau permen karet atau obat-obatan lain. Meskipun cara ini tentunya tidak menjadi pilihan pertama karena konsumsi obat-obatan bisa jadi menimbulkan masalah lain bagi janin anda.

Namun apapun pilihan anda, satu hal yang perlu diingat bahwa sakau nikotin anda akan berlalu. Apapun yang otak anda katakan, anda sebetulnya tidak perlu lagi menekan ketagihan itu denan kembali merokok. Jika anda kembali merokok maka taruhannya bukan hanya diri anda sendiri namun juga janin yang sedang anda kandung.

Comments

comments

Baca juga  Tips Berhenti Merokok untuk Perokok Berat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.