Cara Berhenti Merokok bagi Para Perokok Berat

Kebiasaan merokok dapat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia serta dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit kronis seperti gangguan jantung, stroke, gangguan kehamilan dan janin, keguguran, impotensi bahkan berujung pada kematian.

Untuk menghindari semua itu, anda perokok aktif atau perokok berat harus segera mencari cara untuk berhenti merokok secepatnya. Ada berbagai cara dan upaya untuk dapat benar-benar dapat berhenti mengkonsumsi rokok.

Pada ulasan kali ini ada beberapa tips berhenti merokok bagi siapapun yang masih terjerat perilaku ini:

1. Mengubah Mindset dan Memperkuat Niat

Sukses tidaknya upaya Anda untuk berhenti merokok semua itu sangat bergantung pada niat dan komitmen Anda. Namun bagi perokok berat, umumnya mereka memiliki pandangannya tersendiri terkait dengan rokok yang menghambat usaha rokok untuk lepas dari jerat rokok.

Untuk itu, Anda harus ubah mindset Anda terhadap rokok. Alih-alih membayangkan betapa nikmatnya merokok, ubah mindset ini menjadi seberapa banyak uang yang Anda bakar untuk setiap batang rokok yang Anda hisap.

Untuk mengubah mindset dan memperkuat niat yang pertama harus dilakukan adalah menghitung untung dan ruginya merokok. Setiap manusia punya kecenderungan untuk menghindari rugi dan kesialan. Misalnya dengan mencari tahu kerugian merokok dari segi kesehatan, dari segi keuangan, dari segi pergaulan bersama keluarga.

Dari segi kesehatan kita bisa mencari tahu apa saja penyakit akibat merokok. Dari segi keuangan rokok sama saja dengan membakar uang sia-sia. Dari segi pergaulan merokok bisa merugikan orang-orang di sekitar kita termasuk anak, istri, kakak, adik, ibu, bapak atau rekan kerja yang menjadi perokok pasif atau perokok ketiga.

Hal lain yang bisa dilakukan untuk memperkuat niat berhenti merokok adalah mencari pendapat keagamaan dan bergaul dengan mereka yang tidak merokok.

2. Menetapkan rencana

Rencana adalah setengah keberhasilan. Makanya orang yang tidak memiliki rencana akan sulit mencapai target yang dia idam-idamkan. Karena sejatinya orang yang tidak memiliki rencana sebetulnya tidak punya target.

Baca juga  10 Mitos Rokok dan Berhenti Merokok

Nah, dalam hal berhenti merokok maka perokok bisa menetapkan target berapa lama waktu untuk berhenti merokok. Sebaiknya jangan berikan waktu yang terlalu longgar karena itu akan membuat komitmen anda melemah. Misalya tetapkan bahwa saya akan berhenti dalam sehari, seminggu, sebulan, atau paling telat tiga bulan.

Dalam menentukan rencana anda harus tahu apa yang akan anda alami. Misalnya berapa lama proses berhenti merokok seperti detoksifikasi nikotin dari tubuh, gejala putus nikotin, efek samping berhenti merokok dan detail-detail lainnya. Semakin anda tahu apa proses yang akan dijalani maka rencana anda akan semakin jelas dan lebih mudah dilaksanakan.

Termasuk dalam tahap perencanaan ini adalah cara apa yang akan anda lakukan dalam mencapai posisi berhenti dari perilaku merkokok.

Dalam hal ini ada uda hal yang bisa dilakukan. Pertama, berhenti merokok secara sekaligus. Misalkan anda puas-puaskan merokok di hari ini untuk kemudian besok dan seterusnya anda tinggalkan kebiasaan itu. Hal ini mungkin akan dilakukan misalnya saat bulan puasa tiba, saat yang tepat untuk berhenti merokok secara sekaligus.

Sebagian besar agama di dunia memiliki tradisi berpuasa. Namun di luar unsur kepercayaan dan kewajiban dalam ajaran agama, puasa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, khususnya terkait dengan detoksifikasi. Bagi Anda yang beragama Islam, pastinya Anda pernah berpuasa Ramadhan bukan? Jika Anda berhasil melalui puasa Ramadhan, sebenarnya Anda memiliki kemampuan untuk berhenti merokok. Jadi cobalah untuk berpuasa merokok.

Cara kedua untuk berhenti merokok adalah secara berangsur-angsur. Cara ini dilakukan misalnya dengan menunda rokok anda secara perlahan. Misalnya di pagi hari setelah sarapan biasanya anda mulai merokok jam 7. Maka esok harinya anda baru mulai merokok jam 7.30. Kemudian hari berikutnya jam 8, kemudian 8.30, jam 9 dan seterusnya. Hingga suatu saat anda sama sekali tidak merokok sebatang pun dalam sehari.

Baca juga  8 Waktu Yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

Video ini menarik menjelaskan cara ini:

3. Ciptakan Suasana yang Mendukung

Lingkungan sangat mempengaruhi sukses tidaknya usaha Anda untuk berhenti merokok. Karena itu jika Anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok, bangunlah lingkungan yang kondusif untuk mendukung usaha Anda. Misalkan dengan membersihkan semua ruangan rumah dari hal yang memiliki hubungan dengan rokok.

Singkirkan semua bungkus rokok, korek, aspak dan hal apapun yang bisa membuat anda kembali merokok. Cuci semua pakaian anda, gorden, karpet dan lain-lain yang terkena asap rokok. Kemudian tak lupa juga untuk memberi pengharum ruangan agar aroma rokok yang selama ini tercium menjadi hilang.

Termasuk dalam hal ini tidak atau tidak sering berkumpul dengan teman-teman yang masih merokok. Nongkrong dengan perokok akan menggoda anda untuk mencoba lagi dan lagi.

Anda juga bisa menyampaikan rencana berhenti merokok kepada keluarga dekat, teman dekat dan teman yang selama ini menjadi kawan merokok anda. Dengan begitu mereka akan mengerti apa yang sedang anda lakukan dan akan mendukung.

Lebih jauh lagi anda bisa membuat gerakan misalnya dengan membangun grup. Cobalah untuk bergabung dengan grup yang berisi orang-orang yang sangat peduli dengan kesehatan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa membentuk grup yang menjadi wadah bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Dengan berada di lingkungan yang positif, motivasi Anda untuk berhenti merokok pasti akan tumbuh berlipat ganda.

Nah untuk mendukung berhenti merokok juga anda juga bisa mengamalkan beberapa tips berhenti merokok untuk pecandu rokok berat berikut:

  • Sibukkan diri dengan aktivitas lain atau kegiatan alternatif yang dapat mengalihkan keinginan merokok. Anda misalnya dengan berolahraga atau membaca buku.
  • Mengganti rokok dengan mengkonsumsi permen ataupun gula atau makanan lainnya. Saat ingin merokok maka segeralah kunyah permen dan cemilan lainnya.
  • Bertemanlah dengan orang yang tidak merokok. Ini akan lebih mudah membantu anda tidak merokok lagi. Banyak sekali perokok yang sudah berhenti kembali merokok karena tidak tahu ia sudah tidak merokok lagi.
Baca juga  Pesan Bagi Para Perokok

4. Mintalah Dukungan Professional

Langkah keempat ini dilakukan jika proses berhenti merokok yang anda lakukan sangat berat dan tidak berjalan lancar. Profesional disini adalah mereka yang memiliki kapasitas keahlian tertentu yang bisa membantu anda dalam proses berhenti merokok.

Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog, dokter, atau ahli terapi hipnosis. Berkonsultasi dengan psikolog akan membantu anda secara mental karena ia akan mengarahka dan memperkuat kepercayaan diri anda dalam proses berhenti merokok.

Dokter atau dokter psikiater bisa membantu proses berhenti dengan memberikan obat-obatan khusus untuk mengurangi ketergantungan dengan nikotin. Sementara diluar itu anda juga bisa ketemu dengan ahli hipnosis misalnya para ahli SEFT atau SEFTER.

Terapi hipnosis dengan SEFT bisa membantu anda mempermudah proses berhenti merokok. Anda bisa tonton video menarik ini:

Selamat Berusaha

Demikianlah beberapa cara berhenti merokok bagi para perokok berat dan perokok aktif. Sehingga bagi anda yang sedang ingin mulai berhenti, lakukanlah langkah-langkah di atas. Tentunya semua itu haru dilaksanakan dengan penuh kesadaran, komitmen dan konsistensi.

Selamat berusaha untuk berhenti merokok. Sukses!!!

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *