Tips Berhenti Merokok untuk Perokok Berat

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa merokok bisa menimbulkan berbagai penyakit berat seperti gangguan pernapasan, penyakit paru-paru, berbagai macam kanker, disfungsi ereksi, ketidaksuburan, depresi, dan penyakit jantung. Melihat risiko ini maka berhenti merokok adalah pilihan bijak bagi para perokok. Terutama bagi para perokok berat. Semakin cepat berhenti akan semakin baik bagi kesehatannya.

World Lung Foundation menyebutkan non perokok hidup lebih lama 14 tahun dibandingkan para perokok.

Artikel ini mengupas masalah ini dengan membahas beberapa hal yaitu:

  • Mengapa Perlu Berhenti Merokok?
  • Keuntungan berhenti merokok
  • Tips cara berhenti merokok

Mengapa Perlu berhenti Merokok?

Pada umumnya hampir semua perokok sudah tahu tentang akibat rokok ataupun bahaya rokok untuk kesehatan tubuh. Namun seolah mereka tidak peduli dengan bahaya yang dihasilkan oleh barang kecil yang satu ini.

Salah satu alasannya adalah karena bahaya merokot tidak dirasakan dalam jangka pendek melainkan pada jangka waktu yang panjang, 10 – 15 tahun setelah mulai merokok.  Perokok yang sudah lama sudah terlanjur terkenanya penyakit jantung, gagal paru-paru, kemandulan dan gangguan kesehatan lainnya. Bahkan beberapa penyakit kronis seperti kanker dan serangan jantung bisa berujung kematian jika tidak dicegah sedini mungkin.

Maka semakin cepat berhenti maka semakin baik bagi kesehatan tubuh anda. Semakin lama anda merokok maka risiko terkena penyakit tersebut semakin lama akan semakin menumpuk yang pada akhirnya dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh si penderita.

Nah untuk mengetahui apa saja akibat rokok dan bahayanya, simak beberapa penjelasan dan informasi berikut ini:

– Merokok Dapat Mengakibatkan Penyakit Kronis
Kebiasaan merokok pada dasarnya memang sulit untuk ditinggalkan apalagi jika si perokok sudah sangat kecanduan. Anda perlu sadar bahwa merokok bisa mengakibatkan berbagai masalah dan gangguan kesehatan misalnya terserang berbagai jenis penyakit kronis seperti jantung, paru-paru, kanker, kemandulan, bahkan sampai dengan kematian yang hanya di akibatkan oleh aktivitas merokok yang tidak bisa dikontrol.

– Kandungan Dalam Rokok Berbahaya Bagi Tubuh
Banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam rokok seperti nikotin, tar, zat karsinogen, zat iritan dan beberapa kandungan bahan lainnya. Akibat rokok disebabkan oleh beberapa bahan yang digunakan dalam rokok ini yang nantinya dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia.

– Sulit Untuk Menghilangkan Kebiasaan Merokok
Memang bagi si pecandu rokok, kebiasaan merokok tidak bisa dihilangkan atau dihentikan begitu saja. Namun jika si perokok mau melakukan cara berhenti merokok dengan tepat dan teratur, pasti akibat rokok dan bahaya merokok dapat diminimalisir sedini mungkin.

Keuntungan Berhenti Merokok

Banyak sekali keuntungan berhenti merokok baik itu dari segi kesehatan ataupun aspek lainnya. Kita mulai dari yang non kesehatan, inilah beberapa keuntungan berhenti merokok: 

Tampak lebih muda, fresh dan lebih menarik

Mengapa seperti itu? Karena merokok mengurangi asupan oksigen dan menimbulkan keriput dan penuaan dini pada kulit. Sehingga perokok kelihatan lebih cepat mengalami penuaan. Merokok juga membuat gigi kuning dan nafas bau. Dengan berhenti merokok maka berbagai masalah itu akan lebih mudah teratasi.

Pengaruh Merokok Terhadap Penampilan

Terhindar dari Stress

Banyak orang menganggap bahwa merokok bisa menguangi stress. Faktanya justru sebaliknya, perokok mengalami stress lebih tinggi daripada non perokok. Artikel berikut bisa menjelaskannya.

Rokok Penyebab Stres

Meningkatkan Kesuburan dan Performas Seks

Alasannya karena merokok bisa merusak kualitas sperma sehingga menganggu keseburuan. Selain itu merokok juga mengganggu aliran darah dalam tubuh yang membuat ereksi terganggu, lebih sulit terangsang dan juga sulit orgasme. Dengan berhenti merokok maka kesuburan akan meningkat dan kehidupan seks juga akan membaik.

Bahaya Rokok Terhadap Kesuburan

Keluarga dan Teman Lebih Sehat

Ini hal yang penting karena merokok juga mempengaruhi orang di sekitar kita. Dengan berhenti merokok maka pasangan, istri, anak, keluarga dan teman yang sering bersinggungan dengan kita juga akan lebih sehat. Karena mereka terhindar dari paparan asap rokok.

 Bahaya Perokok Pasif

Keuntungan Berhenti Merokok Secara Kesehatan

Berhenti merokok mengurangi risiko bebagai penyakit yang bisa mengancam kesehatan kita secara drastis. Semakin cepat berhenti maka semakin banyak manfaatnya. Lebih jelasnya seperti ini keuntungan berhenti merokok dari segi kesehatan:

Dalam 20 menit

Setelah 20 menit berhenti merokok, detak jantung kita akan kembali stabil ke level normal. Karena merokok sebetulnya membuat dengut jantung kita meningkat dan mempengaruhi pembuluh darah. Penyebabnya karena nikotin dalam rokok memicu pelepasan epinefrin dan norepinefrin dalam tubuh.

Dalam 2 jam

Bagi yang sudah mencandu, setelah dua jam tidak merokok efek sampingnya akan terasa yaitu berupa perasaan murung, mudah tersinggung, cemas, sakit kepala, mengantuk, kesemutan, berkeringat dan sulit tidur. Setiap orang akan berbeda gejalanya tergantung pada tingkat kecanduannya terhadap rokok.

Penyebabnya karena dopamine dalam otak mulai berkurang dan tubuh kita sedang sakaw nikotin. Maka bertahan tidak merokok dalam dua jam adalah langkah pertama yang berat. Tapi dengan tekad kita bisa melakukannya. Setelah bisa berhenti dua jam maka level aman pertama sudah terlewati.

Keuntungan kesehatan setelah dua jam tidak merokok adalah sirkulasi darah yang lebih lancer dan denyut jantung yang lebih teratur. Perhatikan ujung jari kaki dan tangan anda yang mulai lebih hangat karena aliran darah lebih lancar mengalir dalam tubuh kita.

Dalam 8-12 jam

Salah satu zat dalam rokok adalah karbon monoksida yang saat anda merokok, zat ini dihirup ke dalam tubuh dan terikat dengan sel darah. Kandungan karbon monoksida mencegah darah untuk mengikat oksigen, dan dalam jangka panjang bisa menyebabkan masalah serius pada jantung.

Dengan berhenti merokok 8-12 jam maka kandungan karbon monoksida dalam tubuh akan berkurang dan kandungan oksigen akan mulai meningkat. Memang perokok akan merasa tidak nyaman misalnya dengan merasakan batuk atau puyeng dan tidak konsentrasi. Ini adalah proses detoksifikasi yaitu mengeluarkan racun dari tubuh kita.

Dalam 24 jam

Setelah 24 jam berhenti merokok maka paru-paru mulai melunturkan kotoran dan lender yang menempel pada jalur pernapasan. Efeknya mungkin akan terasa sakit tenggorokan, batuk dan pernapasan lainnya.

Keuntungannya setelah berhenti merokok selama sehari penuh maka risiko serangan jantung akan menurun.

Dalam 48 jam (2 hari)

Setelah anda terus berusaha berhenti kini anda mampun untuk tidak merokok selama 48 jam (dua hari) secara penuh. Efek samping kecanduan rokok akan masih terasa berupa rasa gelisah, tubuh terasa tidak enak dan gejala lain yang membuat diri kita tidak nyaman. Namun anda tidak boleh berhenti dan terus bertekad untuk berhenti merokok.

Keuntungan jika kita sudah sanggup berhenti selama dua hari adalah ujung-ujung saraf kita akan kembali normal ditandai dengan indera yang bekerja secara lebih baik. Dalam fase ini anda akan mampu mengecap dan merasakan makan dan minuman kembali ke level normal. Salah satu efeknya mungkin nafsu makan anda akan bertambah. Menarik bukan?

Dalam 3 hari

Setelah 3 hari berhenti total tidak merokok maka nikotin dalam tubuh anda sudah mulai hilang. Dengan kadar nikotin yang sudah hilang, maka seharusnya anda akan lebih kuat menahan godaan untuk kembali merokok.

Namun tetap masih ada efek samping dari putus nikotin yang masih anda rasakan seperti gelisah dan tubuh tidak enak. Mungkin anda masih meras mual, kram, emosional. Namun tidak perlu khawatir karena gejala ini sementara saja dan akan cepat berlalu.

Kabar baiknya tubuh anda sudah mulai bersih dari nikotin.

Dalam 2-12 minggu

Dalam level ini, maka tubuh anda sudah merasa lebih enak karena proses regenerasi sel dalam tubuh sudah berjalan lebih normal. Anda juga akan merasa lebih fit dan lebih kuat berolahraga.

Rasa sesak yang dirasakan sewaktu masih merokok perlahan mulai sirna. Fungsi paru dan pernapasan sudah jauh membaik secara signifikan. Anda akan merasakan bernafas lebih muda dan terasa lebih lega.

Dalam 3-9 bulan

Dalam fase ini tentu kesehatan sudah meningkat jauh ditandai dengan batuk yang berkurang, suara mengi hilang dan kesulitan bernapas perlahan menghilang. Anda juga sudah mulai tidak merasakan sakau seperti cemas, gelisah dan tidak nyaman.

Penyebabnya karean paru-paru Anda mulai beregenerasi dimana silia – rambut halus – seperti organel yang mendorong lendir keluar – mulai memperbaiki diri dan kembali berfungsi dengan baik. Paru-paru yang berfungsi dengan baik, mengurangi resiko infeksi pernapasan  sehingga batuk dan sesak nafas yang Anda alami akan terus menurun secara dramatis.

Setelah 1 tahun

Setelah berhasil satu tahun berhenti merokok maka anda sudah mengalami satu fase yang cukup tinggi. Dalam fase in I berbagai risiko penyakit jantung (coroner, angina vektori dan stroke) menuun hingga 50%.

Dalam fase ini juga anda sudah mengurangi setengah dari risiko terkena berbagai penyakit berat yang terkait dengan masalah rokok.

Setelah 5 Tahun

Dalam fase ini maka kondisi anda sudah mulai menyamai mereka yang tidak merokok. Maka risiko yang anda alami sama seperti serangan jantung , stroke, berbagai jenis kanker, coroner, arithmia dan banyak penyakit lain sudah berkurang drastis. Jika anda terus melanjutkan untuk tidak merokok maka kondisi anda akan sama dengan mereka yang tidak pernah merokok.

  

Cara efektif berhenti merokok 

Nah meskipun kita sudah tahu banyak sekali manfaat berhenti merokok, namun karena kecanduannya banyak orang yang sulit berhenti merokok. Kesulitan itu terutama untuk memulai melakukan upaya berhenti dan konsisten melaksanakannya.  

Secara sederhana cara efektif berhenti merokok itu bisa kita bagi pada 3 hal yaitu

  1. Kuatkan niat dan rencana berhenti
  2.  Ciptakan Suasana Yang Mendukung
  3. Jalankan rencana Berhenti dengan konsisten

Namun tentunya tahap-tahap di atas perlu kita breakdown menjadi lebih spesifik. Berikut ini kami share beberapa hal yang bisa membantu anda berhenti merokok.

1. Perkuat Niat dan Rencana

Dalam tahap ini kita focus mengubah mindset kita untuk bisa berhenti merokok. Hal ini bisa dilakukan dengan

Fokus pada manfaat Berhenti Merokok

Di bagian pertama artikel ini anda bisa melihat banyak sekali manfaat merokok tidak saja dari segi kesehatan, namun juga penampilan dan ekonomi keluarga. Selain untuk diri sendiri, anda juga bisa berpikir berhenti merokok untuk orang yang anda kasihi, untuk anak, istri, orang tua dan keluarga anda. Berhenti merokok membuat anda lebih sehat dan bisa membahagiakan mereka dan menghindarkan mereka dari bahaya menjadi perokok pasif. Berhenti meroko juga bisa membantu menghemat uang yang bisa digunakan untuk keperluan lain.

Bikin rencana yang detail

Rencana detail itu misalnya dengan menetapkan tetapkan tanggal kapan anda akan berhenti. Jika perlu tentukan hingga jam dan tempatnya. Semakin detail semakin bagus. Jika sudah ada rencana maka anda harus ingat dan jangan jangan menundanya lagi. Makin cepat Anda memulai, maka makin panjang usia Anda.

Minta dukungan Dari Siapapun

Ada teori yang mengatakan rencana yang dijabarkan baik itu dituliskan atau disampaikan kepada orang lain akan lebih mudah untuk dicapai. Begitu juga ketika anda ingin berhenti merokok maka mintalah dukungan kepada orang-orang terdekat, seperti pasangan, keluarga, dan sahabat. Untuk sahabat itu juga termasuk mereka yang selama ini menjadi teman anda merokok supaya mereka juga tahu bahwa anda ingin berhenti

Konseling

Anda juga bisa melakukan konsultasi dan konseling sebagai upaya pendukung proses berhenti merokok. Secara sederhana anda bisa mengobrol bersama orang yang dicintai atau teman, atau bisa juga dengan kalangan profesional seperti psikolog soal rencana dan keinginan berhenti merokok.

2. Ciptakan Suasana Yang Mendukung (Enabling Environment)

Nah niat dan dukungan saja tidak cukup karena godaan untuk kembali merokok itu sangat kuat. Maka tahap kedua yang bisa anda lakukan adalah menciptakan suasana yang mendukung rencana untuk berhenti merokok. Beberapa hal yang bisa membantu anda menciptakan suasana yang bebas dari rokok adalah sebagai berikut:

Hindari semua pemicu

Misalnya anda menghindari berkumpul bersama teman-teman yang sedang merokok. Banyak orang yang gagal karena ajakan teman lain yang masih merokok. Anda juga bisa menghindari lokasi-lokasi yang biasa digunakan untk merokok. Jangan lupa singkirkan semua rokok atau asbak di rumah Anda. Jadikan rumah anda sebagai rumah bebas rokok dan bebas dari asap rokok.

Siapkan Alternatif Seperti permen di kantong

Ketika hasrat itu datang, kunyahlah sesuatu, seperti permen. Ini bisa membantu Anda untuk tidak merokok.

Sibukkan Dengan Hal Lain seperti olahraga

Olahraga bisa membantu anda melepaskan diri dari ketergantungan nikotin. Anda bisa berenang, aerobic, lari, bersepeda atau olahraga lainnya. Karena olahraga membantu anda mengeluarkan enzim dopamine yang juga diproduksi saat merokok.

Kegiatan lain yang bisa membantu anda adalah aktifitas fisik seperti mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel lantai, atau menyirami tanaman. Atau kegiatan sederhana seperti berjalan-jalan ke luar ruangan, naik-turun tangga, atau olahraga ringan seperti lari di tempat.

Pengobatan

Jika anda masih kesulitan, maka pengobatan dari dokter bisa juga digunakan untuk mengkondisikan upaya berhenti merokok. Misalnya dengan menggunakan terapi-terapi farmakologis. Meskipun opsi ini adalah jalan terakhir jika anda masih kesulitan untuk berhenti merokok, bukan opsi utama.

 

3. Jalankan dengan Konsisten

Jika anda sudah menentukan rencana dan membuat suasana yang mendukung maka jalankan dengan konsisten dan disiplin. Ini adalah hal yang utama dalam proses berhenti merokok. Sekali anda berhenti maka jangan pernah mencobanya lagi. Jika tidak anda akan mengalami relapse dan jatuh terperosoko lebih dalam kedalam adiksi nikotin.

 

Tips Praktis Berhenti Merokok Bagi Perokok Aktif
Untuk mencegah kebiasaan merokok, Anda bisa melakukan beberapa tips berhenti merokok untuk pecandu rokok berat berikut.

  1. Berusahalah memulai dengan niat yang kuat dan bersungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
  2. Jika Anda merasa ingin merokok, carilah aktivitas lain atau kegiatan alternatif yang dapat mengalihkan keinginan merokok Anda misalnya dengan berolahraga atau membaca buku.
  3. Jauhilah semua barang yang mendorong anda merokok. Misalnya dengan dengan cara memindahkan asbak, bungkus rokok, tidak menonton iklan rokok dan lain-lainnya. Termasuk juga tidak membawa alat pemantik api.
  4. Berhenti merokok secara bertahap. Misalnya dengan mengurangi jumlah konsumsi rokok Anda setiap harinya.
  5. Mengganti rokok dengan mengkonsumsi permen ataupun gula atau makanan lainnya.
  6. Bertemanlah dengan orang yang tidak merokok. Ini akan lebih mudah membantu anda tidak merokok lagi. Banyak sekali perokok yang sudah berhenti kembali merokok karena tidak tahu ia sudah tidak merokok lagi.
  7. Cari kesibukan lain yang menghindarkan Anda dari kejenuhan.
    Tips berhenti merokok di atas dapat Anda lakukan untuk menghindarkan dari berbagai serangan maupun gangguan akibat rokok.

Itulah artikel yang cukup panjang soal mantaat berhenti merokok dan bagaimana cara yang efektif untuk berhenti merokok.

Sebagai penutup mungkin juga anda bisa terbantu dengan terapi berhenti merokok dengan cara hipnotis seperti berikut ini. Semoga membantu.

 

Comments

comments

Baca juga  8 Waktu Yang Tepat Untuk Berhenti Merokok

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.